Nasehat Sunyi :: Kematian..

Tahlil malam ketiga salah seorang tetangga, alhamdulillah tiga hari berturut turut ane bisa ngikut tahlilan dari malam pertama beliau meninggal. Waktu ane masuk rumah, beberapa foto keluarga terpampang, foto anak, cucu dan foto beliau. Foto saat muda dan bersanding dengan istri pun ada.

Salah satu nasehat diam yang ane dapetin dari momen beberapa detik itu adalah, beliau ini tadinya ada, jelas maksudnya beliau ini hidup dan bisa berbicara dengan kita. Ada ditengah tengah keluarganya, tadinya tinggal dirumah yang ane datengin ini. Kalo kita bertemu dengan beliau dan berucap salam, beliaupun pasti akan membalas. Pada intinya.. kemarin ini beliau hidup, ada dan bisa berinteraksi dengan kita.

…pindah ke lain alam…

Nah detik ini, saat ini juga, ini adalah malam ke tiga beliau ditahlilkan yang berarti ente tau beliau sudah mangkat berpindah alam ke alam kubur. Dalam hati ane seketika itu juga berkata,, besok kamu itu juga bakal nyusul. Dan itu sudah sangat pasti dan sudah di skak mat dalam Quran surat Ali ‘Imran ayat 185::

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.”QS:Ali ‘Imran 185.

Ada cerita agak lucu selepas solat ashar beberapa hari lalu di masjid. Di pojokan pintu masuk, ada keranda jenazah yang baru jadi dipesan. Desain gagang pengangkat keranda agak aneh karena bisa dilipat dan bisa diluruskan kemudian ada slot kuncian jika gagang akan digunakan untuk mengangkat keranda tersebut.

Melihat keranda baru tersebut, beberapa Bapak2 alim ( yg ane liat sering di barisan shaf depan dan bergantian jadi imam ) mengomentari bagian kuncian gagang tersebut. “Ini kurang kuat ini kalo ada jenazahnya Pak…” || “Hayok dicoba,, siapa mau coba” || “Coba ah saya duluan” kata salah seorang yg bertubuh agak besar sambil naik ke keranda || “Wah kalo bapak yg naik, sudah pasti ga kuat ini” sambil mencoba ngangkat gagang keranda dengan kuncian itu.

Agak dipaksakan dan memang sudah bisa diyakinkan bahwa gagang tidak kuat buat ngangkat tu keranda.

Yang ane lihat ini Bapak2 ngiterin keranda dan bercanda dengan keranda jenazah yang pastinya dibuat khusus untuk membawa jenazah. Beliau bapak2 ini tidak takut untuk mengungkapkan “Hayok sapa duluan mau naik??”. Dalam pikiran ane, wew sudah pada siap beliau beliau ini.

Kalo dibandingkan saye.. wwwaaaakkkkkk ngaciiiiirrrrrr… Tapi siap ga siap semoga Allah yang mempersiapkan ane pada kondisi ridha dan rahmat ampunan Allah saat maut menghadap. Amin amin amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnn ya Rabbal Alamiinnn.

Suara ta berwujud berucap sindiran ::

Enak saje lu minta disiapin,, jalanin dulu tu kewajiban lu idup, baik baik lu punya hubungan sama Allah, baik baik lu sama olang, ame sodala, juge ame tetangge, baik baik lu same alam ciptaan Allah, balu deh ntar Allah liat lu olang layak apa tidak buat dapat ampunan..

*ini yg ngomong sapa kira2.. hehehe..

[ liat stiker di mobil tadi pagi ] – Sebarkan 3 kebaikan setiap hari –

….

Just Personal note.
Catatan nasehat pribadi biar ga lupa, semoga dengan bertakziah kita selalu bisa mengambil hikmah dalam nasehat diam yaitu kematian..

21 Januari 2013

pic : dari sini sini dan sini

2 Comments to “Nasehat Sunyi :: Kematian..”

  1. seperti ziarah gtu ya intiny…mengingatkan diri klw ad kehidupan yg hakiki setelah ini…

    sneng ya om bisa share macem ini,ane pengen jg..tpi kurang bisa membahasakan keadaan..hhe
    any way…thank you…nice share 🙂

    • waaakkk… diceluk Om ogh piye!!
      hiiiiiiirrr

      berguru kepada para tukang ngeblog, intinya ditulis saja dulu semuamua ide yg ada dikepala. dicurahkan dengan penuh kasi sayang baru setelah habis editing sana sini, dipermak begitu dan begini..
      gitchu loh

      Yok mulai sebarkan kebaikan dengan ngeblog dek..
      (dek,,,) muahahaa

Sudah bertandang, mau pulang tinggalkan warna dulu kawan.. ( ˘ ˘з(˘⌣˘) tengkyuu.. (┒^o^┎)