Archive for ‘Bidah’

December 8, 2016

Jika Baik Tentu Sahabat Sudah Mengamalkan – Salah Paham Tentang Maulid Nabi

Salah Paham Tentang Maulid

Dimasa yang seharusnya kita fokus didalam kebersamaan ukhuwah, ternyata masih ada saja segelintir orang yang anti ukhuwah. Merasa demam dengan persatuan kaum muslimin , bahkan mengolok dan memaki.

Kita bersaudara, anda yang suka dengan ikhtifal maulid Nabi silahkan jalankan sesuai dengan keyakinan. Bagi yang tidak suka , silahkan untuk tidak menjalankannya. Kita tetap akan bersaudara karena yang terpenting bukan maulid atau tidaknya tapi bagaimana kita berakhlaq mulia meneladani kemuliaan akhlaq Nabi. Hormatilah perbedaan , supaya kita bisa selalu hidup damai dan penuh kerukunan.

1.Pemahaman keliru

Maulid tidak dilakukan Rasulullah SAW, tidak pula para sahabat dan tabiin. Jika maulid itu baik pasti mereka telah melakukannya!!!

Jawaban

read more »

December 6, 2016

Jatuh Cinta, Cinta Kepada Nabi Muhammad saw

15232336_1531510043532745_2093739766091404723_n

Bismillahirrahmanirrahim..

Pernahkah sobat merasakan namanya jatuh cinta ? inget dulu waktu jaman SD pas naksir temen sekolah,, karena sy laki maka saya misalkan sy naksir seorang perempuan sebut saja namanya Andina.. First impression about her actually is because she is beautiful.. indeed – hehehee.. kemudian apa yang terjadi ?

read more »

October 17, 2016

Kisah Nasi Goreng & Nasi Jamblang

nasi-goreng

VSnasi-jamblang-nasi-kentjana-1500

Waktu sudah mendekati tengah malam. Sekitar jam 23.00. Keadaan di luar rumah telah sepi. Pengajian kitab “Adab al-Dunya wa al-Din”, karya Imam al-Mawardi”, usai sudah. Para peserta pengajian pulang ke tempatnya masing-masing. Perutku terasa kosong. Aku lalu minta tolong seorang santri (A) membelikan “Nasi Goreng” di pasar, 100 m dari rumah. Tak lama ia pergi, anaku minta dibelikan juga Nasgor. Aku juga minta tolong santri lain (B) membelikan “Nasi Goreng” pula, di pasar yang sama. Setelah menunggu cukup lama keduanya datang hampir bersamaan, dengan wajah seperti khawatir atau cemas. Lalu masing-masing menceritakan pengalaman menjelajah pasar dan menelusuri tempat-tempat penjual Nasi Goreng yang biasa mangkal. Tetapi mereka tak menjumpai satupun penjual Nasgor. Mereka hanya menemukan seorang perempuan tua yang sedang menunggui “Nasi Jamblang” di depan toko yang sudah tutup, di pertigaan jalan.

read more »

August 1, 2016

Suratul Ekhlas, SokoGuru dan omahe SiMbahku

Repost : Original post mas Taufiq

Ilustrasi Soko Guru Rumah Limasan Jawa

Ilustrasi Soko Guru Rumah Limasan Jawa

Karena undangan nganten sepasang sahabat kemaren, pagi hari ini (1 agustus 2010) alhamdulillah saya masih berkesempatan menghirup udara kampung halaman, seperti biasa kalo saya ada di rumah, sering saya alih profesi jadi tukang, kadang tukang ledeng kalo ada pipa bocor, jadi tukang listrik kalo ada lampu yang mati, jadi tukang sapu kalo emang dedaunan berserakan, ato jadi tukang tidur kalo emang gak ada kerjaan, hehehe….. kebetulan di hari ini saya berkesempatan menjadi tukang listrik.

Rumah di depan rumahku adalah rumah simbahku (sekarang lagi dikontrak orang, kesian tu rumah merana gak ada yang memakmurkan), rumah itu bertarikh renovasi 1409H ato 1988M, tapi tahun pendiriannya jelas jauh sebelum itu dan aku gak tau kapan tepatnya, rumah itu dibangun oleh simbahku almarhum H.Fachruddin hadiah dari bapaknya; mbah Salamun.(tolong kiriman fatihahnya ya.., thanx)(buat para cucu, hayo wes do ndungakne simbah durung..!?). sudah 2 minggu ini kata bapakku lampunya mati dan belom sempat didandanin, karena tukang listriknya gak berani, maklum tukang listrik di kampungku orangnya lemu, jadi agak illfeel kalo disuruh penekan.

read more »

July 16, 2016

Berikut Bukti Doa Untuk Orang Yang Sudah Meninggal Sampai

din syamsudin tahlilan

Ketua NU dan Ketua Muhammadiyah saat tahlilan di Rumah KH. Sahal Mahfudz

Bismillahirrahmanirrahim, Curhat dongs!

Rekan kerja fadlil kemarin cerita pas mudik dikampungnya ada ustad pendatang berciri ciri berjenggot panjang berantakan tidak rapi dan tidak sedap dipandang dengan dua tanda hitam pada dahinya.

Semua orang diceramahinya dan ia berfatwa pada keluarga teman saya yang sedang berduka jika pahala 3 hari khataman Al Quran berturut turut disertai doa ditujukan kepada almarhumah tidak akan sampai. Apakah orang seperti adalah orang yang memiliki hati, tega dan mampu berkata hal demikian terhadap keluarga yang sedang dirundung duka ??

Sungguh luar biasa keliru bagaimana pemikiran SEMPIT si ustad gadungan ini telah menggambarkan sebuah keburukan terhadap Allah. Dengan sangat berani ia telah mengatakan bahwa Allah itu PELIT dengan tidak akan mengabulkan doa dari umatNya padahal sifat Allah itu Al-Ghaniyy ( Maha Kaya ) Allah Maha Kaya dengan segala ampunan ( Al-Ghaffar ).

Dengan sangat kurang ajar si ustad telah menggambarkan kepada masyarakat awam kebalikan dari sifat Allah : Ar Rahman (Maha Pengasih), Ar Rahim ( Maha Penyayang ),

Si ustad palsu dengan sangat kurang ajar dengan fatwanya menilai Allah tidak akan dan tidak akan mau mengabulkan doa orang yang masih hidup yang mendoakan kebaikan terhadap sanak keluarga dan sesama muslim yang sudah meninggal padahal sifat Allah Al Malik ( Maha Memerintah ) dan si ustad gadungan dengan berani berburuk sangka terhadap Allah dengan tidak akan menyampaikan pahala dan mengabulkan doa doa kebaikan sesama muslim tersebut.

Fatwa ustad gadungan yang berfatwa secara ngawur sembrono serampangan dan sembarangan tersebut telah bertentangan dengan banyak sifat asma Allah mulia lainnya.. Apakah anda masih mau dengarkan fatwa fatwa nya ?

read more »

July 7, 2016

Apa itu Thoriqoh (Tarekat) Kodingiyah & Babuiyah

Bismillahirrahmanirrahim, mengharap ridho Allah fadlil pengen nulis thoriqoh ajeb yang satu ini..
Thoriqoh / Tarekat Kodingiyah dan Babuiyah.

berguru

Sebagai intro singkat apa itu thoriqoh / tarekat bisa dijelaskan sebagai berikut :

Oleh: ust. Novel bin Muhammad Alaydrus
Secara bahasa tharîqah (tarekat) dapat berarti jalan, metode, sistem, cara, perjalanan, aturan hidup, lintasan, garis, pemimpin sebuah suku dan sarana. Selengkapnya tengok dimari ya..

Bagi fadlil arti simple thoriqoh adalah kendaraan yang bisa membawa kita mendekatkan diri kepada Allah.

read more »

June 2, 2016

Apakah HADITS DHAIF Itu TERLARANG dan HARUS DIBERANGUS ??

BOLEHKAH MENGAMALKAN HADITS DHOIF

hadits dhaif

Oleh: Habib Novel bin Muhammad Alaydrus
Pengasuh Majelis AR-RAUDHAH, SOLO

Akhir zaman ini kita sering membaca atau mendengar seseorang yang melarang Muslim lain untuk mengamalkan sebuah amal tertentu dengan alasan Haditsnya Dhoif (dhaif). Bagaimanakah sebenarnya hukum mengamalkan Hadits Dhoif? Benarkah umat Islam dilarang untuk mengamalkan Hadits Dhoif?

read more »

October 21, 2015

Ngegosip Tentang Majelis Rasulullah,, Gosip Makin Digosok Makin Sip

majelis-rasulullahKurang lebih setaun yang lalu saya masih nda ngerti dengan satu komunitas yang bernama majelis Rasulullah di Jakarta ini. Setiap perempatan bisa dilihat ada baleho terpampang dengan foto orang dengan surban dan gamis. Habib Habaib atau Ustad yang mereka nomor wahid-kan. Baleho tersebut menyebarkan informasi akan adanya majelis 1000 dzikir ato 1000 shalawat berlokasi di sini dan disitu.

Dalam pikiran saya mencibir apa ya perlu sampe seribu zikir bareng bareng begitu. Dan paling nggak asiknya adalah saat malam hari H, jika saya melewati lokasi majelis maka bukan main macetnya wara wiri orang2 dengan kopiah putih, jaket khas Majelis Rasulullah dan sarung. Tua muda anak anak ibuk ibuk berbonceng2an membuat macet jalanan. Tapedeeee.. ribeud beud..

read more »

July 26, 2015

Hidangan Dari Ahlul barzah

jamuan dari barzah

Suatu ketika AlHabib Saleh bin Muchsin Alhamid dari tanggul mengkhabarkan Habib Muhamnad bin Ali Al Habsyi kwitang pada hari minggu besok akan hadir di kwitang, sedangkan khabarnya mendadak yaitu di hari sabtu dan sudah menjadi kebiasaan Habib Muhammad selalu menjamu tetamu yang datang berkunjung teristimewa pada Habib Saleh tanggul,namun Habib Muhammad itu waktu tanpa persiapan apapun yang pada akhirnya Habib Muhammad berziarah ke Maqam Abahnya yang berada di samping Masjid kwitang dan mengadukannya

read more »

January 30, 2015

Muhasabah Dakwah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِي

Muhasabah dakwah kali ini lebih ditujukan untuk ogut pribadi biar inget tata cara yang utama ketika sharing pemikiran, sharing pemahaman pas diskusi apalagi diskusi menyangkut urusan agama. Beginiiii muhasabahnya.

Ketika kita sedang asik diskusi sampai mungkin eyel eyelan dan juga gontok2an, adu pendapat sampai pada satu titik atau perasaan merasa paling bener maka pada saat itu langsung cek dalam hati kita, adakah rasa penghakiman kepada lawan bicara kita. Apa maksudnya ?

discussion

read more »