Archive for ‘Adab Jadi Murid’

July 12, 2017

Semangat Mencari Ilmu

light-in-darkness

Bismillahirrahmanirrahim,

Sesosok cahaya terang menerangi gelapnya malam perjalanan Syech Abdul Qadir Al Jaelani. Cahaya tersebut berbicara “Sesungguhnya aku adalah Allah Tuhan mu, Wahai Abdul Qadir mulai saat ini semua yang haram menjadi halal bagi mu”. Mendengar hal tersebut Syech Abdul Qadir kemudian mengambil batu (riwayat lain sandal) dan dilemparkan ke arah cahaya tersebut sambil berucap “Menyingkirlah wahai yang terkutuk!!!”

read more »

Advertisements
August 1, 2016

Suratul Ekhlas, SokoGuru dan omahe SiMbahku

Repost : Original post mas Taufiq

Ilustrasi Soko Guru Rumah Limasan Jawa

Ilustrasi Soko Guru Rumah Limasan Jawa

Karena undangan nganten sepasang sahabat kemaren, pagi hari ini (1 agustus 2010) alhamdulillah saya masih berkesempatan menghirup udara kampung halaman, seperti biasa kalo saya ada di rumah, sering saya alih profesi jadi tukang, kadang tukang ledeng kalo ada pipa bocor, jadi tukang listrik kalo ada lampu yang mati, jadi tukang sapu kalo emang dedaunan berserakan, ato jadi tukang tidur kalo emang gak ada kerjaan, hehehe….. kebetulan di hari ini saya berkesempatan menjadi tukang listrik.

Rumah di depan rumahku adalah rumah simbahku (sekarang lagi dikontrak orang, kesian tu rumah merana gak ada yang memakmurkan), rumah itu bertarikh renovasi 1409H ato 1988M, tapi tahun pendiriannya jelas jauh sebelum itu dan aku gak tau kapan tepatnya, rumah itu dibangun oleh simbahku almarhum H.Fachruddin hadiah dari bapaknya; mbah Salamun.(tolong kiriman fatihahnya ya.., thanx)(buat para cucu, hayo wes do ndungakne simbah durung..!?). sudah 2 minggu ini kata bapakku lampunya mati dan belom sempat didandanin, karena tukang listriknya gak berani, maklum tukang listrik di kampungku orangnya lemu, jadi agak illfeel kalo disuruh penekan.

read more »

July 7, 2016

Apa itu Thoriqoh (Tarekat) Kodingiyah & Babuiyah

Bismillahirrahmanirrahim, mengharap ridho Allah fadlil pengen nulis thoriqoh ajeb yang satu ini..
Thoriqoh / Tarekat Kodingiyah dan Babuiyah.

berguru

Sebagai intro singkat apa itu thoriqoh / tarekat bisa dijelaskan sebagai berikut :

Oleh: ust. Novel bin Muhammad Alaydrus
Secara bahasa tharîqah (tarekat) dapat berarti jalan, metode, sistem, cara, perjalanan, aturan hidup, lintasan, garis, pemimpin sebuah suku dan sarana. Selengkapnya tengok dimari ya..

Bagi fadlil arti simple thoriqoh adalah kendaraan yang bisa membawa kita mendekatkan diri kepada Allah.

read more »

July 4, 2016

Trilogi Postingan Ngaji – Akibat Kesombongan Ilmu

Bismillahirrahmanirrahim, Kisah nyata :

Kurang lebih empat bulan yang lalu tiba tiba teman baik saya yang lama tidak berkomunikasi tiba tiba mesej saya lewat whatsapp. Klunthing,,, “Jie, saya minta maaf” // me: “Whaat? Aya naon tiba2 minta maaf” // tmn : “Iya saya minta maaf terhadap saya yang dulu2, sekarang sy nyantri di Daarut Tauhiid aa Gym.” // me : “Alhamdulillah,, btw emang kenapa dulu ko sampe minta maaf?” // tmn : “Dulu saya terlalu sombong terhadap ilmu, semenjak saya nyantri di Daarut Tahiid sekarang saya sadar ternyata dulu pemahaman ilmu agama saya belum seperti sekarang”.

baby-stairs

Seberapa tinggi ilmu yang kamu capai saat ini ?

read more »

Tags: , ,
April 18, 2016

Beribu Maaf Ibunda Ku dan Mohon Doa Mu Ibunda Ku Tersayang

image

Silaturahim Habib Anis Al-Habsyi kepada Habib Ali Alaydrus sebelumnya

Habib Ali bin Ja’far Alaydrus : Jangan kamu kira terjadinya berbagai bencana di berbagai daerah di muka bumi saat ini diakibatkan oleh banyaknya orang yang mabuk dan melakukan kemaksiatan lainnya, akan tetapi sesungguhnya penyebab utama turunnya berbagai bencana tersebut adalah karena terlampau banyaknya anak yang durhaka kepada orang tua, disetiap rumah saat ini terdapat anak yang durhaka kepada orangtua. Sebab memanjang tajam orang tua adalah sebuah kedurhakaan, membantah ucapan orang tua adalah sebuah kedurhakaan.. sampaikan ini kepada semua orang.” Batu Pahat Malaysia 2008.

Bismillahirrahmanirrahim, dengan mengharap ridha Allah saya menuliskan inti nasehat yang luar biasa diatas dengan di diktekan langsung dari Habib Novel bin Muhammad Alaydrus pengasuh Majelis Dzikir & Ilmu Ar Raudhah Solo (Sin, 17 April 2016).

Cerita berikut adalah perjalanan habib Novel bin Muhammad Alaydrus ketika mendapatkan nasehat dari habib Ali bin Ja’far Alaydrus di Batu Pahat Malaysia… minat simak ? Bismillah, lanjuttt..

read more »

March 10, 2016

Sekilas Sejarah Dakwah Habib Umar bin Hafidz Di Indonesia

Oleh: Novel Bin Muhammad Alaydrus, (Pengasuh Majelis Imu Dan Dzikir AR-RAUDHAH, Solo)

AlhabibomarHabib Umar bin Muhammad bin Sâlim bin Hafîdz merupakan seorang pendidik dan sekaligus ahli dakwah. Meski berasal dari tempat yang terpencil, Tarim, Hadhramaut, namun gema dakwah beliau sampai ke Mekah, Madinah, Oman, Bahrain, Yordania, beberapa negara di Afrika, India, Malaysia, Indonesia, Amerika, Inggris, Kanada dan lain-lain. Dalam sebagian kunjungan dakwahnya tersebut, CNN, BBC, stasiun TV Bahrain mengambil kesempatan untuk mewawancarainya.

Pada tahun 1993 beliau berdakwah ke berbagai kota di Indonesia. Usia beliau saat itu 32 tahun. Masyarakat Indonesia terpesona melihat kesalehan, keluhuran budi, dan keluasan ilmunya. Beberapa orang tua, sebagian dari kalangan pondok pesantren, lalu mempercayakan pendidikan putra-putra mereka kepada beliau. Pada tahun 1998, beliau kembali ke Indonesia menyerahkan sendiri 30 anak yang telah dititipkan kepada beliau setelah dididik dan digembleng di pesantren beliau. Tentang hal ini, di dalam ceramah yang beliau di hadapan guru kami, Al-Marhûm Habib Muhammad Anîs bin ‘Alwî bin ‘Alî Al-Habsyî, dalam kesempatan Haul Habib ‘Alî bin Muhammad Al-Habsyî yang diselenggarakan setiap tahun di kota Solo, beliau berkata:

read more »

October 21, 2015

Ngegosip Tentang Majelis Rasulullah,, Gosip Makin Digosok Makin Sip

majelis-rasulullahKurang lebih setaun yang lalu saya masih nda ngerti dengan satu komunitas yang bernama majelis Rasulullah di Jakarta ini. Setiap perempatan bisa dilihat ada baleho terpampang dengan foto orang dengan surban dan gamis. Habib Habaib atau Ustad yang mereka nomor wahid-kan. Baleho tersebut menyebarkan informasi akan adanya majelis 1000 dzikir ato 1000 shalawat berlokasi di sini dan disitu.

Dalam pikiran saya mencibir apa ya perlu sampe seribu zikir bareng bareng begitu. Dan paling nggak asiknya adalah saat malam hari H, jika saya melewati lokasi majelis maka bukan main macetnya wara wiri orang2 dengan kopiah putih, jaket khas Majelis Rasulullah dan sarung. Tua muda anak anak ibuk ibuk berbonceng2an membuat macet jalanan. Tapedeeee.. ribeud beud..

read more »

June 21, 2015

Istri Berkarir, Kisah Syekh Ramadhan al-Buthi RA

Boleh nyomot dari negeri antah berantah sumber :: Arief Assofi

Syekh Ramadhan al-Buthi

Syekh Ramadhan al-Buthi

Di sela-sela jawaban beliau ketika ditanya pendapatnya tentang wanita karir, beliau bercerita:

Istri saya adalah seorang guru, ketika saya lamar, dia bertanya akan pendapat saya tentang posisinya sebagai wanita karir. Saya menjawab, “Tidak masalah, syariat tidak melarang. Tapi yang penting adalah kita dapat menciptakan kebahagian dalam kehidupan berkeluarga.

read more »

January 30, 2015

Muhasabah Dakwah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِي

Muhasabah dakwah kali ini lebih ditujukan untuk ogut pribadi biar inget tata cara yang utama ketika sharing pemikiran, sharing pemahaman pas diskusi apalagi diskusi menyangkut urusan agama. Beginiiii muhasabahnya.

Ketika kita sedang asik diskusi sampai mungkin eyel eyelan dan juga gontok2an, adu pendapat sampai pada satu titik atau perasaan merasa paling bener maka pada saat itu langsung cek dalam hati kita, adakah rasa penghakiman kepada lawan bicara kita. Apa maksudnya ?

discussion

read more »

November 21, 2014

Kebenaran Relatif !!! Kebenaran Merasa Paling Benar !! Kesombongan Dalam Kebenaran Pribadi !

Bismillahirrahmanirrahim. Duhai Fadlil, panjang bener judulnyee,,

imamah2Huum akibat sesiangan ngobrol via fb ama kang Adam-blogfamz, dengan tema “pandangan ibnu Muhammad saw”, alias pandangan tentang ahlul bait (keluarga) Rasulullah saw dengan bintang utama adalah beliau manusia bergelar “Habib”. Tema pada postingan berikut menurut ane sedikit banyak akan menyudutkan mereka pecinta Habib.

read more »