Allah dan Malaikat Salawat, Kok Kamu Engga??

tasbih3Ini ni guys,, dapet pemahaman satu ayat asik yg kalo dibahas lebih lanjut ternyata dapet pemahamannya ajaib bin unik bin asik bin rada njelimet bin engga ruwet dan endingnya bin mlongo.. uWow gituh… Monggo disimak.. *siapin teh sama kastengel dl..

Quran Al Ahzab 56::
Innallaha wa malaa-ikatahuu yushalluuna ‘alan nabiy; yaa ayyuhal ladziina aamanuu shalluu ‘alaihi wa sallimuu tasliima. 

artinya :
“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”

Ayat ini sering dan suangat sangat sering dibacakan waktu solat jumat. Tapi yak karena dalam bahasa arab dan orang yang denger macam saya ini, jadinya ya cuma mlongo doang. Begitu dibacakan artinya..widiiiieeewww… *tetep gag dong.. ahehe..

Nah ketika ayat tersebut dibahas oleh pa Guru Habib Novel Alaydrus, baru deh aye kayakanya rada-rada ngeh gitu ngartiinnya!!! Begini ringkas dongeng ceramah beliau..

Aye sambil ngemil kacang,, pa Guru pegang mic ::
Kalo Allah perintahkan solat, Allah ikut solat tidak?? *jamaah mlongo.. ==> sy maksudnya ) ga berani jawab.. wong ya emang ga ngerti..
pa Guru nanya lagi :: yang disolati / disembah trus siapa kalo Allah solat??

Kalo Allah perintahkan puasa, Allah puasa tidak?? * sy masi mlongo dan pura2 nyimak dg muka sirius.. *tetep ngunyah..

Kalo Allah perintahkan haji, Allah ikut2an haji?? Allah tawaf dan sai gitu?? *baru mau buka mulut mo jawab “nggag!!!” eeehh.. sudah keburu dijawab pa Guru sndiri..

Ya tentu tidak! Tapi ini ada satu ayat yang unik. Menyatakan dan juga memerintahkan,, dibacakanlah ayat diatas dan dibahas dengan mendetail..

Innallaha wa malaa-ikatahuu yushalluuna ‘alan nabiy; yaa ayyuhal ladziina aamanuu shalluu ‘alaihi wa sallimuu tasliima. 

Kata :: Sesungguhnya..
Penjelasannya, tidak cukup Allah menyatakan hanya dengan kalimat Allah dan Malaikat Malaikatnya, tapi Allah tambahkan kata Sesungguhnya…
Kalo mau diresapi dengan bener maksudnya kata sesungguhnya adalah ::

INI LHO SEBENAR BENARNYA!!
INI LHO SESUNGGUHNYA!!
The TRULY IS!!
The SAKJANE IKI LHO!! (red:jawa)

Jadinya makna sesunggunya seperti melempar bom kalimat ::
INI LHOOO SEBENAR BENARNYA / SESUNGGUHNYA / SAK-TENANE, ALLAH DAN PARA MALAIKATNYA ITU SEDANG DAN SELALU BERSALAWAT KEPADA NABI!!!!!!!!!

(saya pake huruf besar underline dan bold pisan karena memang kata sesungguhnya dalam ayat tersebut adalah penekanan yang Allah sampaikan yang akan membuat pernyataan kalimat selanjutnya memiliki bobot berlipat lipat )

Jadi silahkan dibaca sekali lagi dengan makna lugas ::
SESUNGGUHNYA ALLAH DAN MALAIKAT MALAIKATNYA BERSALAWAT UNTUK NABI…

Allah perintahkan pada kalimat berikutnya ::
Hai orang2 yg beriman…

Sama cara panggilannya dengan QS Al Baqarah 183 tentang puasa, yang ga beriman ga merasa terpanggil jg gapapa kata seorang ustadz. Khusus untuk yg beriman saja panggilan ini. <= ngartiinya kok berasa nyindir gini yak.. *biarlah..
Kalo saya karena pengen beriman maka pura2 saja terpanggil *walopun celingukan, semoga Allah limpahkan hidayah sehingga sy dan kita semua ikutan kecemplung jadi orang beriman yang bener ya!! Ucapkan Amin!!

Lanjuttt…
…. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Bagi orang orang beriman seperti Anda Anda sekalian sodara sodara ku, kita ini disuruh solawat sama Allah loh. Allah dan Malaikat saja solawat dan kita disuruh solawat kok engga mau, lha gelar imannya jadi copot satu dong!!

Lha hayuk mari kita mulai bersolawat sekarang juga!! *semangat45…
Kalo kita solawat saat ini juga, solawat kita sebenernya bareng bareng sama Allah dan Malaikat. Bisa dicoba mulai dikit dikit 10x per hari,, seminggu gitu.. naik jadi 25x per hari,, seminggu gitu,,, naik lagi 50x sehari sebulan gitu,, sampai 100x perhari dan seterusnya target menurut pa Guru 1000x dalam sehari.. Berbuih buih tu kebaikan di lisan kita.

Sindiran dikit :: lha kita ini orang beriman yang menantikan syafaat Rasulullah, Nabi Allah Muhammad Saw kelak di padang Mashar. Menyebut dan memuliakan Beliau Nabi Allah Muhammad Saw saja engga pernah.. maluuuuuu ah… *tutup idung!!!

Kalimat solawat atau kalimat pujian ini hanya disampaikan spesial untuk satu Nabi yaitu nabi Muhammad Saw. Kok bisa pengertian Nabi disitu mengacu kepada Muhammad saw???

Ini pemahaman yang baru saja tersambung juga bagi saya pribadi.
Karena Allah menurunkan Quran hanya kepada Nabi Muhammad Saw, maka yang sangat sangat sangat dan betul betul mengerti tentang ilmu yang terkandung dalam Al Quran ya Nabi Muhammad Saw. Sederhananya begitu dulu deh.. besok lebih jelasnya saya tanyakan lagi ke pa Guru… *wong ya namanya masi belajar kok.. hehee..

Sekarang lanjut.. terungkapnya misteri mengapa sampai Allah dan Malaikat bersalawat kepada Nabi Allah Muhammad Saw

*to be continued..

3 Responses to “Allah dan Malaikat Salawat, Kok Kamu Engga??”

  1. alhamdulillah, makasih ilmunya masbro, semoga Allah SWT menjadikannya sebagai amal jariyah bagi masbro, dan semoga Allah SWT selalu merahmati kita semua.. amin.. 😀

    • amiiin ya Rabbal ‘Alamin.. Subhanallah,, doa doa yg indah macam begini ni yg asik sekali dihati.. yg mendoakan senang yg didoakan jg senang..

      Ga perlu sibuk2 saling menghujat antar sesama muslim yg juga sama2 mencari ridha Allah..

Trackbacks

Sudah bertandang, mau pulang tinggalkan warna dulu kawan.. ( ˘ ˘з(˘⌣˘) tengkyuu.. (┒^o^┎)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: