September 5, 2019

Kisah Sahabat Rasul saw :: Saad Bin Abi Waqqosh r.a

Nama sebenarnya adalah Saad bin Malik Az-Zuhri.  Lahir di kota Mekah berasal dari suku Quraisy.   Ia berasal dari keluarga bangsawan yang kaya raya dan sangat disayangi kedua orangtuanya, terutama ibunya.

Meski berasal dari Makkah, ia sangat benci pada agamanya dan cara hidup yang dianut masyarakatnya. Ia terkenal sebagai pemuda yang serius dan cerdas dan membenci praktik penyembahan berhala yang membudaya di Makkah saat itu.

Saat Sa’ad  berusia 20 tahun, didatangi oleh abu Bakar yang mengajak untuk masuk Islam. Sa’ad sendiri memiliki hubungan kekerabatan dengan Rasulullah SAW secara tidak langsung. Ibu rasul, Aminah binti Wahhab berasal dari suku yang sama dengan Saad yaitu dari Bani Zuhrah. Karena itu Saad juga sering disebut sebagai Sa’ad of Zuhrah atau Sa’ad dari Zuhrah, untuk membedakannya dengan Sa’ad-Sa’ad lainnya.

Continue reading
September 2, 2019

Salah Satu Jalan Menuju Allah

August 9, 2019

Gara Gara Kepengen Nasi Kebuli Ala Mekah Asli

Bismillahirrahmanirrahim,,

Tulisan ini ditulis pada hari Jumat 09 Agustus 2019 / 8 Dzulhijjah 1440H. Mengingat hari ini adalah hari tarwiah, Fadlil jadi pengen nulis sedikit intermezzo mengingat perjalanan ibadah haji tahun 2014 Fadlil pada tanggal 5, 6, 7 & 8 Dzulhijjah 1435H sebelum berangkat menuju padang arafah.

Sebagaimana kebanyakan masyarakat mekah yang ingin bersedekah kepada para Jamaah haji mereka sering membagikan makanan kepada para jamaah haji yang berlalu lalang di kota tersebut. “Halal halal halal..” Teriak masyarakat atau para petugas utusan sedekah tersebut bersamaan dengan mengular atau berdesakan para jamaah menyambut makanan pemberian tersebut. Nikmat.

Image result for haji makanan gratis dari dermawan
Jamaah haji Indonesia ngantri “Halal.. halal..” makanan sedekah dari masyarakat Mekah. Sumber Foto: browsing Google

Untuk diketahui, untuk jamaah haji asal Indonesia pada saat menanti tibanya waktu arafah tidak disediakan makanan dari pemerintah sehingga seringkali jamaah dalam groupnya membuat panitia kecil untuk penyediaan makanan selama kurang lebih 2 minggu tersebut. Kecuali terdapat fasilitas dari masing – masing KBIH ( Kelompok bimbingan ibadah haji ) yang menyediakan makanan 2x sehari siang dan malam.

Fadlil ikut KBIH An Nur di Sleman Yogyakarta yang menyediakan makan tersebut sehingga untuk makan keseharian sudah sangat terjamin disamping jajan masakan indonesia ( nasgor bungkus ) seharga 2 real waktu itu. Nikmat.

Related image
Bus Shuttle Gratis menuju Masjidil Haram dari berbagai daerah di kota Mekah.
Sumber Foto: browsing Google

Menjelang wukuf arafah, bis shuttle gratis dari berbagai wilayah di Mekah menuju masjidil Haram sudah di stop mempersiapkan arafah dan agar jamaah istirahat untuk persiapan wukuf. Sehingga aktifitas sholat jamaah beralih dari Masjidil Haram ke masjid terdekat dari penginapan.

Disepanjang perjalanan dari penginapan menuju masjid seringkali ada masyarakat yang membagikan makanan. Nah setelah intro sekian panjang diatas, mulailah cerita kebuli nya disini..

Lokasi penginapan dengan masjid terdekat 200m
https://goo.gl/maps/hpkWVdKvSaGBasWT9

6 Dzulhijjah / Selasa 31 September 2014, pada saat selesai sholat isya, jamaah keluar dari masjid persis di depan masjid diantara para pedagang baju dan pernak pernik ada antrian Halal halal… jamaah yang sudah dapat menyebutkan menu kali ini nasi kebuli.. dari aromanya masyaAllah.. wenak banget. Langsung mupeng, tapi nda tega Fadlil ikut ngantri sedangkan sudah disediakan makan malam di penginapan oleh KBIH, lebih baik makanan tersebut untuk jamaah lain yang tidak punya makan malam.

Setiba di pengiapan sambil tiduran, mulut ini dan batin ini rasanya gundah gulana dan campur aduk.. pengin banget ngicip itu nasi kebuli ala Mekah gimana rasanya gitu nasi mandi berasnya yang panjang panjang dimasak kebuli, bahkan malam itu sempat curcol sama emak di Jogja pengen nasi kebuli yang belom kesampaian hahaha.. sufer lebay memang.

Keesokan harinya 7 Dzulhijjah menjelang dhuhur keluar dari penginapan baru saja menginjak jalan tetiba disamperin mamas yang biasa nyapu jalan,, kali ini bukan bawa sapu lidi,, tapi bawa plastik guedhe yang isinya plastik plastik kecil berisi nasi kebuli.. eeaakkk.. masyaAllah cuman kepingin sama kepikiran aja langsung dikabulkan Allah. Kali ini nda bisa banget nolak.. soalnya mo jalan ke mesjidnya cuman sendirian dan mamas e sengaja banget ndatengin saya buat ngasih kebuli tersebut nda bisa lagi ngindar ato nolak. Serasa banget dipaksa oleh Allah ini lho Aku penuhi yang kamu inginkan. Alhamdulillah rejeki anak soleh.. aamiiin.. Btw satu bungkusan versi Mekah bisa dimakan dua sampai tiga orang saking banyaknya porsi. Karena masih dekat dengan penginapan sebungkus kebuli masukin dulu ke kamar, baru berangkat ke masjid.

Sehabis dari sholat dhuhur,, sekitar jam 14 an di kamar Fadlil komentar sama jamaah satu kamar,, saya dapat nasih kebuli siapa mauuu.. eh ternyata di dalam kamar yang berisi 7 sd 8 orang ada beberapa jamaah yang juga dapat nasi kebuli versi lebih gede lagi bungkusnya.. Saking melimpahnya porsi kebuli di kamar,, saya makan yang kebuli nya bapak itu ( karena sudah dimakan sebagian ).. banyak banget sampe ngga habis,, rencana nasi kebuli yang melimpah disimpan lagi buat nanti malam.

Hari ini 7 Dzulhijjah,, ternyata kamar sebelah group dan KBIH lain siap siap berangkat tarwiah,, bukan sebuah kewajiban bagi jamaah haji menurut pemerintah untuk tarwiah ( bermalam di mina sebelum wukuf di arafah ) sehingga pengadaan transport diadakan mandiri oleh jamaah dibantu oleh KBIH masing masing group.

Group KBIH Fadlil tidak mengikuti tarwiyah.. mengetahui tetangga sebelah mau berangkat tarwiyah,, mereka belum sempat makan siang,, karena tidak sempat memasak (mandiri non katering) dan sibuk paking. Fadlil tawari nasi kebuli yang melimpah di kamar. Mereka menyambut dengan sangat senang,,

Nasi kebuli yang Fadlil pengin dapat terwujud,, bahkan melimpah manfaat untuk orang lain.. alhamdulillah…

Demikian sekilas cerita dari tanah Haram, cerita ringan yang cukup berkesan bagi Fadlil,, hanya dengan ingin dan dibarengi niat baik insyaAllah Allah wujudkan tidak pake lama, hasilnya juga manfaat. Berkah.

MasyaAllah.. perjalanan ibadah yang penuh hikmah dan kenikmatan.. Semoga Allah kabulkan untuk bisa melaksanakan ibadah Haji kembali… Aamiin..

Kepada seluruh jamaah haji yang saat ini sedang menanti wukuf di Arafah, semoga selalu dimudahkan, diringankan, disehatkan, diselamatkan, dijaga oleh Allah swt. Kembali pulang sebagai haji yang mabrur sehat dan selamat kembali berjumpa berkumpul dengan keluarga di Indonesia.

Allahuma sholi ‘ala sayyidina Muhammad saw.

Kalender pada saat kejadian diatas :

6 Dzul-Hijjah 1435 HSelasa31 September 2014
7 Dzul-Hijjah 1435 HRabu01 Oktober 2014
8 Dzul-Hijjah 1435 HKamis02 Oktober 2014
9 Dzul-Hijjah 1435 HJum’at03 Oktober 2014
10 Dzul-Hijjah 1435 HSabtu04 Oktober 2014
11 Dzul-Hijjah 1435 HMinggu5 Oktober 2014
12 Dzul-Hijjah 1435 HSenin6 Oktober 2014
13 Dzul-Hijjah 1435 HSelasa7 Oktober 2014
May 21, 2019

Belajar Syariat Thoriqoh & Hakikat Dari Habib Novel Alaydrus

Rukun Islam adalah pilar atau tiang yang menopang yang ada pada diri seseorang. Rukun Islam atau Arkanuddin ada 3 yaitu : al-Islam, al-Iman, al-Ihsan.

Tidak bisa dalam satu pilar tersebut tidak dipegang atau tidak dijalankan karena akan Islam seseorang akan goyah. Untuk menjadi kokoh ketiganya harus jalan secara bersamaan.

Selanjutnya al Islam disebut sebagai Syariat
Al Iman disebut Thoriqoh atau tarekat
dan Al Ihsan disebut hakikat.

Continue reading
April 5, 2019

Imam Bukhori Yang Di Puji Puji Nabi Muhammad

Beliau adalah Al imam Muhammad bin Isma’il AlBukhori.

Mungkin kita sering mendengar setelah “HADIST RIWAYAT IMAM BUKHORI”.

Beliau adalah orang yang sangat takut kepada Allah, banyak ibadah, dermawan, dan banyak sekali bliau menghafal dan menjaga ke aslian hadist hadist Nabi Muhammad SAW.

Adalam kitab Hadyu Assari hal 487 Muhammad bin Hamdawiyah bercerita Beliau (Imam Bukhori) pernah berkata “aku Hafal 100.000 hadist Sahih, dan aku hafal 200.000 yang bukan sahih”.

Continue reading
January 18, 2019

Kesesatan Pemikiran : Sombong Kepada Allah

Bismillahirrahmanirrahim,

Sekali lagi hikmah Fadlil dapetin dari mengikuti perjalanan dakwah beliau Habib Novel Muhammad Alaydrus untuk kesekian kalinya. Untuk malam ini kami menuju ke kota Probolinggo Jawa Timur.

Dengan mengendarai mobil Civic 2012 lanjutan dari cerita nyervis saya sebelumnya di Surabaya. Sekali lagi Fadlil dibenerin pemikirannya sama sang Habib.

Berawal dari saya cerita : ini mobil boros beud bib.. 1 Liter : 8 km, paling ngirit 1 Liter : 11 km. Walopun mobil ini impian saya di taun 2000 an tapi kalo seboros ini saya ga kuat ngasih bensinnya mending pilih mobil yang lain yang lebih ngirit.

Continue reading

December 22, 2018

Gaya Gue Setinggi Honda Civic : Jebul Namung Keparengan Nyambut

Namung kepareng nyambut Fadlil, ampun gumedhe.

Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillah. Beberapa waktu lalu Fadlil sempat bisa nggaya. Fadlil naik tunggangan keren pada jamannya yang kenyataannya sekarang pun sebenarnya masih tetep keren, biar dibilang old style tapi tetep aja itu tunggangan yang keceh. Yap tunggangan yang Fadlil maksud yaitu mobil Honda Civic tahun 2012.

Mobil ceper nan keren ini sebenernya adalah titipan, titip untuk diserviskan. Beliau pemilik kendaraan sedang transit di Surabaya untuk perjalanan dakwah ke luar kota. Beliau titip 3 hari doang, abis diservis beliau hadir lagi untuk ambil.

Kunci sudah berpindah dari pemilik ke tangan gue, gas sudah menanti untuk dipijak, mulailah perjalanan pulang dari acara serah terima kendaraan.

Continue reading

December 19, 2018

Mendalami Sedekah Ikhlas Karena Allah

Bismillahirrahmanirrahim.

Sedekah atau memberikan sebagian harta kita kepada orang lain karena rasa iba ataupun memang ada yang datang meminta hendaknya dengan hati yang ikhlas.

Arti ikhlas karena Allah dijelaskan oleh Habib Novel Alaydrus yang diterima dalam pemahaman Fadlil pada kesempatan sebelumnya sebagai berikut :

Bagi yang bersedekah hendaknya tahu dan paham betul sebenarnya hanyalah Allah yang mampu menyampaikan rizki kepada orang yang disedekahi tersebut. Kita hanya sebagai perantara atas sedekah tersebut.

Continue reading

December 5, 2018

Kesungguhan Hati Seorang Wali Allah

IHTIMAMNYA SEORANG WALIYULLAH

Ada satu ciri-ciri atau sikap yang dikatakan bahwa ia ini sebagai seorang Waliyullah. Seorang wali itu jika dimintai suatu urusan (misalnya persoalan doa), maka urusan orang itu akan benar-benar masuk ke dalam hatinya. Istilahnya itu ihtimam/muhtam (yakni, menjadi suatu perhatian atau kesungguhan dalam dirinya).

Saya akan mencotohkan salah seorang Sadaah Alawiyyin, yang benar-benar ihtimam jika dimintai sesuatu oleh para jamaahnya atau orang lain sekalipun.

Beliau adalah al-Habib Shaleh ibn Muhsin al-Hamid, Tanggul, Jember. Diceritakan suatu ketika ada seseorang mendatangi al-Habib Shaleh, boleh jadi orang ini sedang memiliki hajat yang sangat genting, walhasil ia mendatangi al-Habib Shaleh lalu berkata, “Ya Habib, mohon doakan saya.” Selang tiga hari, orang tadi itu kembali mendatangi al-Habib Shaleh.

Kemudian, ia mengatakan kepada al-Habib Shaleh, “Alhamdulillah ya Habib sudah selesai urusan kita, sekarang bahagia kita semuanya.” Lantas al-Habib Shaleh pun mengatakan, “Iya kalian bahagia, tapi kita 3 hari 3 malam tidak tidur mendoakan ente?” Masya Allah!!

Continue reading

November 23, 2018

Marhaban ya Rasulullah

*BIODATA RASULULLAH S.A.W*

🖌 *Nama* : _Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muththalibs bin Hashim_.

🖌 *Tarikh lahir :* _Subuh hari Isnin, 12 Rabiulawal_ bersamaan 20 April 571
Masehi (dikenali sebagai Tahun Gajah; karena peristiwa tentara bergajah
Abrahah yang menyerang kota Ka’bah)

🖌 *Tempat lahir* : Di rumah Abu Thalib, Makkah Al-Mukarramah.
🖌 *Nama bapak* : Abdullah bin Abdul Muththalib bin Hashim.
🖌 *Nama ibu* : Aminah binti Wahab bin Abdu Manaf.
🖌 *Pengasuh pertama* : Barakah Al-Habsyiyyah (digelar Ummu Aiman. Hamba perempuan bapak Rasulullah SAW).
🖌 *Ibu susu pertama* : Thuwaibah (hamba perempuan Abu Lahab).
🖌 *Ibu susu kedua* : Halimah binti Abu Zuaib As-Sa’diah (lebih dikenali Halimah As-Sa’diah, suaminya bernama Abu Kabsyah).

*USIA 5 TAHUN*

💓 _Peristiwa pembelahan dada Rasulullah SAW yang dilakukan oleh dua malaikat_ untuk mengeluarkan bahagian syaitan yang wujud di dalam hatinya.

Continue reading