It’s All About..

OTAK!!

Sering saya mendengar kalau akal pikiran logika tidak bisa disatukan dengan religi. Ungkapan tersebut tidak berlaku bagi saya. Pikiran saya, bisa saya gunakan untuk mencari keterkaitan kebenaran religi dengan lingkungan/alam sekeliling kita.

Pujanggga pencipta bersyair  :: “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.” Q:2::164.

atau ini :: “Dan tidakkah manusia itu memikirkan bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakannya dahulu, sedang ia tidak ada sama sekali?” Q:19::67

atau bisa ini juga :: “Dan Dia-lah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. Dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasang-pasangan, Allah menutupkan malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.” Q:13::3

kalau yang ini :: “kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. “Q:16::69

nah, ini ada lagi :: “Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” Q:16::11

… dan banyak lagi syair – syair Pujangga Pencipta yang menunjukkan kita harus berpikir. Berpikir man… Tidak sekedar duduk diam ataupun ‘manutan’ (ikut2an).

Otak manusia adalah bagian dari penciptaan, untuk mendalami penciptaan kita mampu menjangkaunya dengan kelengkapan indera yang dimiliki.

Pikirkan bagaimana adanya api yang bermula dari panas, siapa penemu panas? Pikirkan es dari air, siapa penemu air? pikirkan udara yang terdiri dari oksigen, karbondioksida, kejadian fotosintesa daun, pikirkan matahari, bulan, bintang, galaksi dan tata surya, pikirkan keterkaitan antara satu dengan lain hal. Bagaimana air jutaan ton bisa terangkat di udara. Pikirkan bagaimana burung bisa terbang, siapa yang memberikan pengetahuan bagi burung untuk terbang? Bagaimana dengan capung, kumbang, kepik, kecoak, lalat (*sori nglantur..) ataupun nyamuk.

Pikirkan sungguh dan sangat sempurnanya cara kerja tubuh manusia, mulai dari sistem pencernaan, sistem pernafasan, sistem peredaran darah, sistem kerangka, sistem gerak motorik otot, sistem saraf dan otak, sel – sel pengganti bagian tubuh yang rusak, siapa yang merancang sebegitu detail dan sempurnanya DNA tubuh manusia. Maha Besar Sang Pencipta. Apakah manusia bisa menciptakan manusia lain tanpa adanya sifat sel yang saling membelah dan membentuk menjadi manusia?

Sekali lagi syair pencipta menyampaikan :: “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.” Q:23::(12,13,14)

Begitu banyak yang bisa dipikirkan dengan penciptaan. Apakah mungkin dari penciptaan ini kemudian bisa kita mengenal siapa maestro dunia, artisan dari penciptaan? Dengan pikiran kita bisa menyentuh dimensi penemuan sempurna dan mengenal adakah Sang Pencipta.

Tulisan yang menjadi inspirasi saya adalah karya – karya Harun Yahya. Dalam banyak artikelnya, karya Harun Yahya mampu membuktikan ilmu pengetahuan dengan syair – syair dari Sang Pencipta yang diturunkan kepada manusia biasa yang sekaligus luar biasa, Muhammad.

So this is it.. otak campur religi jadilah blog ini.. semoga kita bisa berdiskusi lebih banyak..

tengkyu & salam..

8 Comments to “It’s All About..”

  1. Suwetuju, Mas Fadlil!!
    Emang cuman orang kampungan yang suka bilang “Quran itu gak nyambung sama kenyataan, sama akal dan keseharian.”

    Padahal, kalo kita bikin skala 1-10, pencapaian Iptek manusia itu paling baru sampe di tingkat 2, sedangkan ilmu Quran itu udah mencakup 1 sampai 10.

    • yuiii.. berpikir ayuk kita berpikir.. kalo dipikir pikir ngapain juga surat pertama turun itu iqra.. suruh baca mas.. pan pastinya after reading kudu mikir juga kan yak….

      • yok ayoookk.. betul banget itu.. kereeen..kita se-mymind lagi tuh soal Iqra.. 😉 adanya ayat2 mutasyabihat di Quran udah jelas-jelas ngarahin kita buat berpikir lebih dalem ‘kan?! selain yang di permukaan, juga yang tersembunyi di dalemnya. Bahkan, temuan ane yang terakhir… kalimat2 hadis juga ternyata ngandung makna2 subliminal yang musti digali lebih dalem kalo mau tau pesan aslinya.. contohnya, hadis2 doal dajjal itu, Mas..

        well, makin didalami, Islam itu makin asyik dan bikin kita makin jatuh hati ya.. puokoke, aylopyu tenan ma Islam..!!:D

  2. WKAKAKAKAKA liat ke pojok kanan atas.. 😀

  3. Wuih… cakeup…. setuja bahwa segala sesuatu itu diciptakan dengan aneka fungsi, ya diantaranya otak yg sdh tentu fungsinya u/ berpikir. Kl dianalogikan dengan komputer/laptop/ipad/hp, barang2 “mikir”nya pake procesor, nah kalau mahluk hidup, utamanya manusia indera berpikirnya adalah otak… hidup otak2 *eh gak nyambung yak xixixixixixi

  4. Assalamu’alaikum wr wb

    Salam kenal akh
    mari berkunjung ke https://asmaditsaqib.wordpress.com/

  5. Tulisannya keceee..syukron yaah weis sharing & mengingatkan 🙂

Sudah bertandang, mau pulang tinggalkan warna dulu kawan.. ( ˘ ˘з(˘⌣˘) tengkyuu.. (┒^o^┎)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: