Mendalami Sedekah Ikhlas Karena Allah

Bismillahirrahmanirrahim.

Sedekah atau memberikan sebagian harta kita kepada orang lain karena rasa iba ataupun memang ada yang datang meminta hendaknya dengan hati yang ikhlas.

Arti ikhlas karena Allah dijelaskan oleh Habib Novel Alaydrus yang diterima dalam pemahaman Fadlil pada kesempatan sebelumnya sebagai berikut :

Bagi yang bersedekah hendaknya tahu dan paham betul sebenarnya hanyalah Allah yang mampu menyampaikan rizki kepada orang yang disedekahi tersebut. Kita hanya sebagai perantara atas sedekah tersebut.

Seharusnya tidak mungkin ada rasa sombong pamer ataupun nggaya karena sedekah yang telah kita keluarkan. Bahkan seharusnya malu apabila muncul rasa sombong ataupun pamer. Karena sebenarnya rizki yang kita miliki sesungguhnya Allah yang mengijinkan kita dan memampukan kita untuk mendapatkan rizki tersebut sehingga kita dapat bersedekah. Contoh kita dalam kondisi fit sehat sehingga mampu bekerja. Contoh seluruh pekerjaan berjalan lancar sehingga bisa kita selesaikan dengan baik, jikalau ada kendala atau hambatan ada juga solusinya. dst..

Jadi dengan kondisi demikian apakah sesungguhnya kita yang bersedekah ?? bukan! seluruhnya Allah yang memberikan rizki kepada orang melalui perantara kita, seluruhnya atas ijin Allah.

Yang boleh bagi kita adalah bersyukur kepada Allah karena kitalah yang dipilih Allah jadi perantara pemberi sedekah sehingga insyaAllah menjadikan amal perbuatan baik bagi kita.

Kemudian bagaimanakah bila sedekah dengan niat untuk mendapatkan kebaikan pribadi?

Bersedekah dengan niat diganti dengan kebaikan dunia seperti harta boleh saja, tapi sayang sekali karena ada niat yang lebih baik lagi daripada itu.

Niat balasan sedekah dengan harta atau rizki yang dilebihkan boleh saja. Tapi muslim yang taat dan beriman dgn maqom tingkatan lebih tinggi seharusnya malu karena seperti mengingatkan janji Allah yang sebenernya sudah pasti Allah balas kebaikan sedekah tersebut.

Boleh sedekah dengan niat keselamatan karena terdapat hadits bersedekah dapat diniatkan untuk menolak bala.

Bisa juga sedekah diniatkan untuk kesembuhan sehingga bisa beraktifitas dan beribadah dengan baik.

Demikian salah satu hikmah yang bisa Fadlil petik dari ikut duduk kumpul dengan para ulama dan ahli ilmu.

Alhamdulillah. Semoga bermanfaat.

Allahuma sholi ‘ala sayyidina Muhammad saw.

Sudah bertandang, mau pulang tinggalkan warna dulu kawan.. ( ˘ ˘з(˘⌣˘) tengkyuu.. (┒^o^┎)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: