Berikut Bukti Doa Untuk Orang Yang Sudah Meninggal Sampai

din syamsudin tahlilan

Ketua NU dan Ketua Muhammadiyah saat tahlilan di Rumah KH. Sahal Mahfudz

Bismillahirrahmanirrahim, Curhat dongs!

Rekan kerja fadlil kemarin cerita pas mudik dikampungnya ada ustad pendatang berciri ciri berjenggot panjang berantakan tidak rapi dan tidak sedap dipandang dengan dua tanda hitam pada dahinya.

Semua orang diceramahinya dan ia berfatwa pada keluarga teman saya yang sedang berduka jika pahala 3 hari khataman Al Quran berturut turut disertai doa ditujukan kepada almarhumah tidak akan sampai. Apakah orang seperti adalah orang yang memiliki hati, tega dan mampu berkata hal demikian terhadap keluarga yang sedang dirundung duka ??

Sungguh luar biasa keliru bagaimana pemikiran SEMPIT si ustad gadungan ini telah menggambarkan sebuah keburukan terhadap Allah. Dengan sangat berani ia telah mengatakan bahwa Allah itu PELIT dengan tidak akan mengabulkan doa dari umatNya padahal sifat Allah itu Al-Ghaniyy ( Maha Kaya ) Allah Maha Kaya dengan segala ampunan ( Al-Ghaffar ).

Dengan sangat kurang ajar si ustad telah menggambarkan kepada masyarakat awam kebalikan dari sifat Allah : Ar Rahman (Maha Pengasih), Ar Rahim ( Maha Penyayang ),

Si ustad palsu dengan sangat kurang ajar dengan fatwanya menilai Allah tidak akan dan tidak akan mau mengabulkan doa orang yang masih hidup yang mendoakan kebaikan terhadap sanak keluarga dan sesama muslim yang sudah meninggal padahal sifat Allah Al Malik ( Maha Memerintah ) dan si ustad gadungan dengan berani berburuk sangka terhadap Allah dengan tidak akan menyampaikan pahala dan mengabulkan doa doa kebaikan sesama muslim tersebut.

Fatwa ustad gadungan yang berfatwa secara ngawur sembrono serampangan dan sembarangan tersebut telah bertentangan dengan banyak sifat asma Allah mulia lainnya.. Apakah anda masih mau dengarkan fatwa fatwa nya ?

~ :: ~

“Ud’uni astajib lakum ”
Artinya: “Berdoalah pada Ku, maka niscaya akan Ku kabulkan”
QS Al-Baqarah 186

Dari ayat Al Quran diatas,, apakah ia ingin menentang kalam Allah dalam Al Quran. Masih anda mau mendengarkan si ustad gadungan mengatakan doa doa Anda tidak akan dikabulkan oleh Allah ?? Sungguh ia telah sangat berani menggambarkan Allah dengan suatu gambaran yang buruk dan lebih buruknya lagi ia sebarkan pemahaman pemikiran yang beracun itu kepada masyarakat luas. Ustad tersebut telah berani mengolok olok Allah jika Anda menyadarinya saudaraku.

Maka dari itu fadlil pengin sampaikan beberapa bukti jika kita mendoakan orang yang sudah meninggal itu insyaAllah akan Allah sampaikan pahala dan insyaAllah akan Allah kabulkan doa doa kebaikan tersebut kepada ruh orang yang sudah meninggal, berdasar kehidupan kita sehari hari :

Berikut daftarnya :

  1. Solawat kepada baginda Muhammad saw.
    Innallaha wa malaa-ikatahuu yushalluuna ‘alan nabiy; yaa ayyuhal ladziina aamanuu shalluu ‘alaihi wa sallimuu tasliima. QS Al Ahzab 56.

    Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan.
    Solawat adalah perintah Allah kepada orang beriman. Tahukan anda jika Allah juga bershalawat kepada Rasulullah saw ? Mengapa Allah Bersholawat kepada Nabi saw ? Apa makna dibalik sholawat kepada Nabi saw?Bagaimana cara bersholawat kepada Nabi saw?

    Allahumma Shalli ‘Alaa Muhammadin, Wa ‘alaa ali Muhammadin, kamaa shallaita ‘ala Ibrahim, wa ‘alaa ali Ibrahim.
    Maknanya kurang lebih “Duhai Allah tolong sampaikan solawat / muliakanlah Muhammad saw, dengan cara Engkau yang tahu bagaimana seharusnya memuliakan Rasul Mu Muhammad Saw,, Sebagaimana Engkau telah memuliakan Ibrahim.”

    PERHATIKAN KALIMAT PERTAMA ::  “Duhai Allah.. tolong.. sampaikan sholawat kepada Rasulullah Muhammad saw”.

    Anda juga pasti tahu jika Rasulullah saw saat ini tidak lagi dapat kita temui secara kasat mata orang awam. Dan beliau saat ini berkedudukan di Madinah jika kita ingin menziarahi Beliau saw. Dalam bahasa awam manusia biasa macam saya begini, Rasulullah saw telah wafat di Madinah, tapi masih juga kita doakan beliau saw dalam solawat.

  2. Solat jenazah
    Sholat jenazah hukumnya fardhu kifayah, artinya wajib dikerjakan bagi sebagian orang yang ada disekitarnya.Pada sholat jenazah setelah takbir ke tiga terdapat doa bagi mayat (orang yang sudah meninggal):
    Allaahummaghfirlahuu, warhamhuu, wa ‘aafihii, wa’fu ‘anhuu, dan seterusnyaa…
    artinya : Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, maafkanlah dia, ampunilah kesalahannya, muliakanlah kematiannya,, dan seterusnya…PERHATIKAN KALIMAT PERTAMA ::  “Ya Allah.. ampunilah diaa..“.Jelas jelas solat jenazah ya orangnya yang didoakan pasti sudah meninggal.
  3. Doa Masuk Makam.
    Dalam sebuah riwayat, ‘Aisyah bertanya:“Apa yang aku ucapkan untuk penduduk kubur? Rasulullah berkata:“Ucapkanlah:“Assalamu’alaikum wahai penduduk kubur dari kalangan kaum mukminin dan muslimin. Semoga Allah memberikan rahmat kepada orang-orang yang mendahului kami ataupun yang akan datang kemudian. Dan kami Insya Allah akan menyusul kalian.” (HR. Muslim hadits no. 974)PERHATIKAN KALIMAT KEDUA ::  “Semoga Allah.. memberikan rahmat…”.
  4. Rukun Khutbah Jumat mendoakan kaum mukminin.
    Dalam khutbah jum’at, seorang khotib harus memenuhi syarat serta rukun khutbah shalat jum’at, jika tidak terpenuhi maka batal dan tidak sah shalat jum’atnya. Rukun khutbah jumat yang ke lima :Berdoa untuk kaum Mukminin.Rukun khutbah yang terakhir atau kelima yaitu berdoa memohon ampunan atas orang-orang mukminin.Diantara banyaknya bacaan doa bagi kaum muknin tersebut diambil dari Quran Surat Al-Hasr ayat 10 :
    Ya Rabb kami, berilah ampunan kepada kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu sebelum kami, dan janganlah Engkau membiarkan ada kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Rabb kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.”

    Keterangan:
    Adakah menyatakan bagi yang hidup saja? yang sudah wafat tidak mendapatkan doa ampunan ?
    PERHATIKAN KALAM ALLAH Al-Hasr, ayat 10 :”….Ya Rabb kami, berilah ampunan kepada kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu sebelum kami,,,, “Apakah tidak ada artinya bagi Anda kalam Allah “…saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu sebelum kami” ?? Siapakah saudara kami  yang dimaksud selain penghuni kubur ??

  5. Tahlilan Merupakan Akibat dari  Perbuatan Baik Almarhum.
    Jika antum berdalih amal pahala yang diterima orang yang sudah meninggal dunia salah satunya hanyalah Amal Jariyah,,, maka terdapat nasehat menarik dari Habib Anis Al-Habsyi sebagai berikut :Habib Novel pernah bertanya kepada Guru Beliau Habib Anis terkait tahlilan. Hb. Anis menjawab pertanyaan tersebut dengan sebuah pertanyaan, “Mengapa engkau mau mendoakan almarhum?”. Dijawab oleh Hb. Novel “Karena orangnya baik”. Dibalas kembali oleh Hb. Anis : “Kebaikan almarhum itulah amal jariyahnya sehingga Allah gerakkan hati mu untuk kembali mendoakan almarhum“.Penjelasan Hb. Novel tentang dasar hukum dalil Tahlilan dan Tahlilan mengikuti ajaran Hindu.
  6. Doa Tahlil Diaminkan oleh Anak dan Keluarga Almarhum.
    Jika antum berdalih amal pahala yang diterima orang yang sudah meninggal dunia salah satunya hanyalah dari Doa Anak Sholeh, maka tahlilan sudah memenuhi syarat dalih diatas ::Dalam tahlilan warga masyarakat tetangga yang terkena musibah mendatangi rumah almarhum untuk bersama keluarga almarhum dan sanak keluarga mendoakan almarhum. Satu kunci dalih diatas adalah adanya anak almarhum dan keluarga almarhum yang turut serta mengaminkan doa doa yang diucapkan oleh hadirin tahlilan..Apakah doa anak yang memohon kepada Allah agar doa para hadirin dikabulkan oleh Allah tidak terkabul ?? Beranikah Anda berfatwa doa anak dan keluarga kepada almarhum tidak dikabulkan oleh Allah..

Apakah antum masih berpikir tahlilan itu bid’ah yang tidak ada dasar hukum dari Allah dan Rasulullah saw ?

Satu hal lagi,, analogi fadlil ::

Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar.” (QS. Al ‘Ankabut: 45).
Jika antum sudah sholat berusaha dengan khusuk dan merasa sudah bener, tapi ternyata masih berbuat hal buruk apakah kemudian sholatnya ditinggalkan saja ?? Ndak begitu juga kan??

Terkait tahlilan, jika antum bilang tahlilan tidak baik karena memberatkan keluarga almarhum karena harus ada sedekah makanan dan lain lain sehingga sampai berhutang dan lain sebagainya.. apakah kemudian tahlilannya yang dihilangkan ataukah seharusnya sesuai kita sebagai tetangga kemudian berduyun duyun membantu memasakkan makan pokok bagi keluarga almarhum dan para tamu?

Cerita mamak saya di kampung Rejodani Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta Indonesia, sudah melakukan hal tersebut, shohibul musibah tidak mengeluarkan biaya untuk makam, pengadaan tenda, bangku, minuman dan snack para tamu takziah, makanan pokok yang dimakan oleh keluarga inti, bahkan sampai tahlilan dijamin oleh warga secara solidaritas dan ihlas.

Wallahu a’lam bissawab..
Semoga hal khilafiyah bukan menjadi suatau masalah bagi saya dan antum.. nafsi nafsi aja lah.. jangan saya dan kami berpikir paling bener..

Yang setuju silakan komen,, yang ga setuju silakan komen jugak.. yang mo menyanggah silahkan yang mo menambahi silahkan.. yang sukak silahkan di share dan repost.. penulis ikhalas ogh…

salam

Fadlil Sangaji

Advertisements

One Comment to “Berikut Bukti Doa Untuk Orang Yang Sudah Meninggal Sampai”

  1. Saya sangat puas dengan penjelasan saudara krn suami sy baru saja meninggal dan banyak yang mengatakan kalo doa yang diterima hanya dari anak2nya makanya saya sangat bersedih karna sy ingin mendoakan suami sy supaya diampuni dosa2nya dan mendapat tempat yang layak disisiNya dan penjelasan saudara membuat sy sangat lega

Sudah bertandang, mau pulang tinggalkan warna dulu kawan.. ( ˘ ˘з(˘⌣˘) tengkyuu.. (┒^o^┎)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: