Apa itu Thoriqoh (Tarekat) Kodingiyah & Babuiyah

Bismillahirrahmanirrahim, mengharap ridho Allah fadlil pengen nulis thoriqoh ajeb yang satu ini..
Thoriqoh / Tarekat Kodingiyah dan Babuiyah.

berguru

Sebagai intro singkat apa itu thoriqoh / tarekat bisa dijelaskan sebagai berikut :

Oleh: ust. Novel bin Muhammad Alaydrus
Secara bahasa tharîqah (tarekat) dapat berarti jalan, metode, sistem, cara, perjalanan, aturan hidup, lintasan, garis, pemimpin sebuah suku dan sarana. Selengkapnya tengok dimari ya..

Bagi fadlil arti simple thoriqoh adalah kendaraan yang bisa membawa kita mendekatkan diri kepada Allah.

Hakekat inti dari tarekat kodingiyah menurut fadlil sebenernya sama dengan tarekat babuiyah.. yaitu thoriqoh yang bernafaskan pada pengabdian (babu).

Ngabdinya kepada siapa? tidak lain adalah kepada seorang Mursyid (Guru pembimbing). Untuk dapat mengabdi kepada seorang Mursyid maka tidak lepas dari ridho dari orang tua. Persentase ortu dan mursyid berapa? nah itu baru juga mo saya pelajari.. sementara yang saya pakai sekarang 50-50.

Apakah kemudian harus nyantri di ponpes untuk dapat berlaku tarekat babuiyah / kodingiyah tersebut ? Sangat tidak! (tapi bergantung dari restu mursyid-nya). Jika diijinkan, nyantri kalong saja bisa namun sesekali waktu harus siap datang menghadap sang guru jika dipanggil.

santri-nyapu

Tarekat pengabdian dapat dilakukan dengan niat yang kemudian langsung dibarengi dengan perbuatan ( catatan : atas ijin dari guru tapi ya.. ), karena sebelum diterima untuk mengabdi akan ada beberapa ujian dari sang guru. Apa sajakah ujian itu terserah calon guru, berapa banyak ujiannya? terserah calon guru. Catatan penting, jika belum dianggap murid jangan ngaku – ngaku murid,, ngaku saja jamaah. Kapan akan diakui sebagai murid ? setelah sang guru memanggilnya atau mengatakan dia adalah murid saya. oke!! sebelum itu sabar ajah.. jalani dengan ikhlas, yang penting tunjukkan rasa cinta mu yang sungguh sungguh kepada calon guru. Cari muka dikit didepan beliau boleh laah,, unjuk kebolehan kamu bisa ngapain kepada beliau, dengan cara yang cakep dan ngga norak tapi ya..

Jadii apa maksud thoriqoh kodingiyah om ?

kodingiyahThoriqoh ini tercipta dari guru saya yang hobi IT ( information technology). Macam macam keinginan beliau agar dunia dakwah via IT & internet dapat bangkit. Kemampuan saya adalah mengembangkan sistem informasi dan website maka beliau bertitah kepada saya “Kamu jalani saja thoriqoh ngoding. Buatkan saya berbagai macam hal yang kamu bisa terkait dengan dakwah lewat IT” // “Siap insyaAllah tuan”.

Maka mulai dari saat itu berbagai macam keinginan beliau berusaha kami wujudkan.. walopun hasilnya dibilang selera dan rasa nya belum pas, maka arahan langsung dari beliau selalu dilakukan. Jika saking geregetan nda beres beres maka bisa jadi pekerjaan yang kami lakukan pun beliau kerjakan sendiri,, muehehhe… begitulah indahnya tarekat kodingiyah..

Trus bagaimana dengan tarekat Babuiyah,, istilah tarekat ini saya buat karena terinpirasi perkataan seorang rekan sejawat ( teman seperjuangan dalam dakwah ). Beliau kang Alun pernah berkata : “Dunia dakwah tidak membutuhkan dirimu. Dakwah akan berjalan dengan sendirinya melalui orang orang yang terpilih.” Bisa paham dengan maksud kalimat tersebut ? Jika Anda termasuk orang yang sudah nyemplung dalam dunia dakwah membantu guru dalam berdakwah maka Andalah orang terpilih itu. Namun jika Anda ogah ogahan membantu dakwah seorang ulama maka beliau dan dakwah tidak membutuhkan Anda, Allah akan tunjukkan kepada beliau jalan dakwah tanpa Anda harus ikut serta.

Apakah kesamaan dari dua tarekat kodingiyah dan babuiyah? tidak lain adalah kami sama sama TIDAK bisa berdakwah. Namun kami belajar dan juga mengabdi kepada seorang mursyid ( guru agama ) untuk membimbing hati dan ruhani kami agar dapat mendapatkan keridhaan Allah swt. Dalam perintah beliau, maka kami berusaha mewujudkan keinginan keinginan dakwah beliau.

Beliau mursyid telah mendapatkan hak doa dan ijin dari mursyid beliau sebelumnya. Begitu juga mursyid dari sang mursyid kita, beliau telah mendapatkan hak doa dan ijin dari mursyid (gurunya) lagi.. ijin dan doa tersebut berlangsung turun temurun dari sejak jaman Rasulullah Muhammad saw.

Untuk meyakinkan diri apakah mursyid Anda benar, maka selidikilah siapa guru dari mursyid Anda. Apakah para mursyid tersebut bersambung ilmu dan doanya kepada Rasulullah Muhammad saw, pemimpin umat Islam dari awal jaman sampai akhir jaman bahkan di akhirat kelak. Jika guru tidak bersambung pada Rasulullah saw, maka Anda harus waspada dengan titah dan fatwanya..

Keindahan dari laku tarekat ini adalah Anda dapat merasakan respon dari hati ke hati antar murid kepada guru, hal ini sekaligus adalah bukti jika Allah merespon doa doa Anda. Syaratnya adalah jika benar mursyid tersebut adalah tepat untuk Anda. Bagaimana caranya tahu jika mursyid Anda adalah guru yang benar ? Pernah disebutkan jika hati mu berkata maka guru mu akan mendengarkan mu, maka itulah mursyid mu yang benar. Dan hal tersebut sering kali sudah pernah saya buktikan langsung.. hehehe..

Waspada pada tahap tersebut, karena Anda akan dibukakan pandangan yang tidak baik terhadap guru Anda. Macem macem bentuknya, dan itulah godaannya. Kuatkan hati bagaimana perjalanan Anda dipertemukan Allah, kuatkan hati untuk apa Anda berguru dan temukan celah untuk melawan dan menghancurkan pandangan buruk itu semua.

love-313417_640

Adakah tips mencari mursyid yang tepat untuk saya ? Ada banget karena sudah saya buktikan. Saya tinggal keseharian di Jakarta. Namun mursyid saya berasal jauh dari luar Jakarta. Bagaimana cara Allah mempertemukan sungguhlah cantik, saya ceritakan lain waktu..

Jika Anda serius, silahkan amalkan wirid zikir berikut : shalawat kepada Rasulullah saw minimal 100x setiap hari, jika sudah maka lanjutkan dengan zikir Bismillahirrahmanirrahim sebanyak 1000x. Wirid dan zikir itulah yang sudah pernah saya lakukan dan tidak lama kemudian Allah membuka pintu skenario yang cantik untuk Anda.

Penjelasan lengkap langsung dengarkan kajian audio pada link ini dan klik disini.

wallahu a’lam bishawab,, semoga membuka inspirasi bagi Anda semua.. ^_^
Allahuma sholi ala sayidina muhammad saw

Salam fadlil sangaji
Mohon maaf khilaf salah yaa..

3 Comments to “Apa itu Thoriqoh (Tarekat) Kodingiyah & Babuiyah”

  1. Jleeeb…. manteep… nyeresep… nancep! pantaslah sang penulis menjadi anak emas sang guru… karena pemahaman berthariqohnya udah semapan ini…:) semoga dirimu dan diriku diikhlaskanNya dan semoga ngoding dan membabu nya ini menjadi jalan untuk meraih keridhoanNya….

    • Aaamiiinnnnnn… dapet doa dari Mamanya Zeeaaa.. Aamiin.. makasi sudah ninggalin jejak.. tolong di share ke Abi yaaakk. wkwkwk..
      *klo sy minta baca postingan ini lak mesti dilewatin soalnya haha..

  2. Ilmu sekaligus dapat istilah baru: kodingiyah dan babuiyah.

    Ikut mengaminkan do’anya Kak Tata:)

Sudah bertandang, mau pulang tinggalkan warna dulu kawan.. ( ˘ ˘з(˘⌣˘) tengkyuu.. (┒^o^┎)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: