SeIndah Akhlak Baginda Sayyidina Rasulullah Muhammad saw

love-muhammadPostingan berikut adalah hikmah yang saya rangkum dari berbagai cerita kajian dan kisah yang pernah saya dengar. Awas begitu klik lanjut,, tulisannya bakal panjang dan membosankan,, isinya berkaitan tentang kecintaan kepada baginda Sayyidina Muhammad saw yang ada dalam kepala saya…

~ :: ~

Yok, mari kita rasakan cinta kasih orang tua kepada anaknya.. sungguh suatu hal yang sangat luar biasa,
Cinta kasih Anda kepada anak anda, sungguh suatu hal yang istimewa,
Cinta kasih anda kepada istri / suami Anda, sungguh suatu hal yang membahagiakan,
Cinta kasih anda kepada orang tua anda, suatu hal yang sangat mulia,
Cinta kasih anda kepada saudara, kerabat saudara dan cinta kasih anda kepada sahabat dan teman teman anda adalah sesuatu hal yang sangat indah.

Sekarang seluruh pretelan pretelan cinta kasih yang anda miliki tersebut mari kita bandingkan dengan cinta kasih yang diberikan oleh Kanjeng Nabi Muhammad saw untuk seluruh umat manusia tanpa memperdulikan agama yang dianut.
Ketika cinta kasih kita hanya terbatas kepada orang orang yang kita kenali atau sayangi saat ini… Cinta kasih Nabi Muhammad saw ditujukan untuk seluruh umat manusia. Cinta kasih Baginda Sayyidina Muhammad saw dapat Anda ketahui dari kisah kisah kemuliaan Beliau. ummati,, ummati,, ummati,, subhanallah.. sholu ‘ala nabiy..

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِّلْعَالَمِينَ

Dan tiadalah Kami mengutus kamu (Muhammad saw), melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam. Quran surat Al Anbiyaa’ ayat 107

Kebahagiaan terbesar Kanjeng nabi Muhammad saw adalah ketika seluruh umatnya masuk kedalam surga yang berarti seluruh umatnya berada dalam keridhaan Allah swt. Misi atau tujuan diutusnya beliau turun ke bumi telah tercapai.. yaitu sebagai rahmatan lil alamin.

Satu contoh gambaran kasih sayang Nabi Muhammad saw adalah nanti di padang masyhar ketika seluruh manusia dibangkitkan kembali. Para pemimpin dimintakan perlindungan atas penghakiman Allah namun tidak ada yang sanggup.
Para nabi dimintakan perlindungan dari setiap umatnya, mereka pun menolak. “Uruslah urusan mu sendiri karena kami sudah sibuk dengan urusan kami.”

Satu manusia, kecintaan kekasih Allah, pemimpin dari seluruh umat manusia, pemimpin para nabi yaitu baginda sayyidina Muhammad saw. Beliau saw memberanikan diri memohonkan ampunan dari Allah swt untuk umatnya kanjeng Nabi Muhammad saw.

Monggo silahkan dirasakan betapa luar biasa cinta kasih sayang kanjeng nabi Muhammad saw yang dicurahkannya untuk kita.

Indahnya ibadah sholat beliau saw yang tiada satu manusia dapat menandingi sebenarnya adalah wujud cinta kasih sayang beliau Muhammad saw kepada kita. Karena beliau adalah kekasih Allah, sehingga Allah ridha kepada baginda Sayyidina Muhammad saw.

Dengan keridhaan Allah kepada Muhammad saw, kita mohonkan kepada beliau Muhammad saw agar berdoa kepada Allah ampunilah segala dosa dosa kita, memohonkan doa kepada beliau Muhammad saw agar berdoa kepada Allah memohon agar amal ibadah hamba diterima Allah.

Semoga Anda dapat memahami melalui kanjeng Nabi Muhammad saw, saya bermaksud menemui ketentuan Allah sebagai hamba. Melalui baginda sayyidina Muhammad, saya mendapatkan keridhaan Allah. Tujuan final adalah Allah.

Dalam kenyataannya, jika tidak ada kanjeng nabi Muhammad saw maka kita tidak akan pernah mengenal Allah. Tujuan kita diciptakan tidak akan pernah tercapai yang mana tujuan manusia diciptakan tidak lain adalah untuk menghambakan diri kepada Allah swt.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Wama Qolaktul Jinna Wal Insan illa liya’budun” (Az Zariyat 56 )

Dan Aku (Allah) tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menghambakan diri mereka kepada-Ku. 

~ :: ~

Sederhananya :: topik yang ingin saya sampaikan adalah TUJUAN DIUTUSNYA BAGINDA MUHAMMAD SAW ADALAH AGAR SELURUH UMATNYA MASUK KE DALAM SURGA.

Artinya seluruh umat Muhammad saw ada dalam keridhaan Allah.
( sengaja saya ulangi kalimat tersebut karena memang ini topik utama pada postingan saya kali ini. )

Suri tauladan yang super indah ini ( Kanjeng nabi Muhammad saw ) wajib kita ikuti. betul kan yaakk.. Karena itu mari kita ikuti keindahan akhlak beliau yang dari sebagian kecil poin pentingnya dapat saya catat sebagai berikut :

  1. Merendahkan diri serendah rendahnya karena manusia tidak punya kekuatan apapun selain atas izin Allah. Kesuksesan, kekuasaan, dan kedudukan dalam sosial masyarakat tidak lain adalah seizin dan kasih sayang Allah kepada kita.
  2. Melemah lembutkan hati ini dan memandang setiap manusia adalah ciptaan Allah dimana tujuan penciptaan manusia adalah untuk menghambakan diri kepada Allah. Sehingga memuliakan manusia sama juga memuliakan tujuan Allah menciptakan manusia.
  3. Dalam wujud mengasihi manusia lain, maka Rasulullah selalu mendoakan setiap umatnya untuk mendapatkan ampunan dari Allah. Dan Baginda Sayyidina Muhammad saw diberikan kewenangan atau hak khusus dari Allah untuk memberikan syafaat kepada umatnya.
  4. Nabi Muhammad saw menangis ketika melihat seseorang meninggal tidak dalam ketauhidan kepada Allah.
  5. Nabi Muhammad saw, sepengetahuan saya tidak pernah mendoakan umatnya masuk kedalam neraka.

Cukup lima dulu ya.. yuk kita bahas beberapa dari poin diatas… *dowo men rek.. ganti ke judul berikutnya saja yak pembahasannya…

Advertisements

One Trackback to “SeIndah Akhlak Baginda Sayyidina Rasulullah Muhammad saw”

Sudah bertandang, mau pulang tinggalkan warna dulu kawan.. ( ˘ ˘з(˘⌣˘) tengkyuu.. (┒^o^┎)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: