Kisah Nabi Musa as Dan Nabi Khidir as :: Guru Cari Guru

seorang-anak-sedang-belajar-mengaji-_111009121039-867Satu cerita yang aseekk sekali bagi saya, dimana Nabi Musa as menghilangkan segala kesombongannya, menghilangkan pangkat ke-Rasulannya, gelar ustadz kyai dan petinggi agama pada saat itu, meskipun Beliau sudah memiliki jamaah dan murid serta ilmu yang tinggi. Kedudukan nabi Musa as dengan Allah adalah sampai diijinkan berkomunikasi dengan Allah secara langsung, namun Beliau tidak merasakan kesombongan ketika dihadapkan dengan manusia lain yang memiliki ilmu lebih tinggi yaitu nabi Khidir as.

Cerita dimulai dengan teguran Allah terhadap nabi Musa as karena menjawab pertanyaan dari jamaahnya “Siapa orang yang paling alim di dunia?” Nabi Musa as menjawab “Aku yang paling alim” dan beliau lupa mengucapkan Wallahu ‘alam” ( hanya Allah yang Maha Mengetahui ).

Maka Nabi Musa langsung di tegur, “Ada hamba Ku Khidir tinggal di tepi laut dan ia lebih alim dari engkau” Nabi Musa langsung bertanya, “Dimana dapat saya temui dia”.

Tanpa kesombongan sama sekali, nabi Musa as tidak meminta bawa orang tersebut kemari, tapi bertanya,, dimana dapat saya bertemu dengan Nabi Khidir as. Semangat cari ilmu kata Bib Novel Al Aydrus – solo –

Kemudian nabi Musa as mencari nabi Khidir as dengan petunjuk yang cukup unik, yaitu susuri tepi laut, dengan membawa ikan mati. Jika ikannya hidup maka disitu akan bertemu nabi Khidir as.  Nabi Musa as trus jalaaaannn nyusuri laut yang entah kapan nanti akan bertemu,, karena petunjuknya juga semacam ajaib begitu,,, tapi pada akhirnya akhirnya nabi Musa as dapat bertemu dengan nabi Khidir as.

Guru NgajiSudah lelah dengan perjalanan tersebut, nabi Musa as nembung kepada nabi Khidir tolong saya diangkat sebagai murid. Tapi ternyata jawaban nabi Khidir sangat tidak mengenakkan.. “Sudah nda usah saja, nanti kamu nda bakal sabar…” // wew.. nabi Musa as kecewa dong,, pake bangetz..

Tapi nabi Musa as tidak patah semangat. Jabatan nabi Musa as pada saat itu juga adalah Nabi dan Rasul, tapi ketika bertemu dengan orang yang lebih alim tingkat keilmuannya beliau nabi Musa as tidak gengsi kemudian menunjukkan jabatan keagungannya sebagai Rasul. Nabi Musa as juga memilki ilmu dan memiliki jabatan dari Allah swt lho.. sudah memiliki kedudukan dan gelar di masyarakat dan memiliki murid pula.

Karena ditolak jadi murid, nabi Musa as nembung mohon ijin ikut perjalanan panjenengan saja nabi Khidir jadi teman ataupun yang melayani panjenengan… cerita atau hikmah pas naik kapal trus dirusak, anak kecil dipenggal, sama rumah diperbaiki itu agenda postingan kedepan insyaAllah.

Noooohh,, yang mau saya tampolkan kali ini adalah orang yang ingin cari guru harus melepas pangkat kedudukan dan jabatannya sebagai apa pada saat itu, ilmu yang dimiliki di simpan dalemdalem kemudian takdzim kepada gurunya jangan sampai ada kesombongan kepada gurunya. Begitu juga guru yang benar, tidak juga memaksakan kepada muridnya..  *dengan banyak catatan lhoya..

~ :: ~

Cerita selengkapnya dapat Anda ikuti pada link berikut ::

Bib Novel mengisi kajian tersebut dengan hati, karena itu bukalah hati ini saat mendengarkan,,
hati yang terbuka insyaAllah akan disambungkan oleh Allah sehingga feel dari kajian tersebut akan nampol di hati.. nyusss..
Bib Novel yang mengatakan tapi Allah yang memasukkan pemahaman yg luarrrr biasa..

Cari kajian Jum’at ke 1 – 04 Mei 2012 dengan judul Apa itu Thariqoh…

Awas ntar nangis nangis sambil dengernya…
*nda nangis betulan tapiii..

Wallahu ‘alam,
subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah…

Advertisements

One Trackback to “Kisah Nabi Musa as Dan Nabi Khidir as :: Guru Cari Guru”

Sudah bertandang, mau pulang tinggalkan warna dulu kawan.. ( ˘ ˘з(˘⌣˘) tengkyuu.. (┒^o^┎)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: